loading...

Rabu, 08 Agustus 2018

Siang yang Sejuk di Wonogiri


Oleh : Ahmad Fahrizal Aziz


Wonogiri memang unik nan strategis. Letaknya dihimpit dua Provinsi : Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Berbatasan dengan Ponorogo, Pacitan, Magetan, dan Gunung Kidul.


Dalam perjalanan Blitar-Sleman, saya mampir di Waduk Gajah Mungkur. Memang sedang kemarau, sehingga waduk terlihat agak surut. Nampak burung-burung bewarna putih melintas di atasnya. Entah burung apa.


Perlu menempuh jarak sekitar 180 km dari Blitar untuk sampai di waduk seluas 8800 Hektar, yang konon merupakan waduk terluas di Jawa Tengah ini.


Suasananya sejuk, bahkan di daerah pusat kabupatennya. Hawanya sekilas mirip Kota Batu. Bedanya lebih lengang. Angin pun bertiup sepoi.


Saya memesan kopi dan mie gelas di warung dekat waduk. Siang hari yang panas pun tak begitu terasa. Beradu dengan Sepoi angin yang mendinginkan kopi saya lebih cepat, dan menerbangkan plastik serta dedaunan.


Dalam perjalanan dari Ponorogo ke Wonogiri, melewati beberapa Kecamatan salah satunya Purwantoro. Masih terlihat mini bus beroperasi, ada yang jurusan Ponorogo-Purwantoro. Bus untuk jarak antar kota dan kecamatan.


Jalannya naik turun, khas pegunungan. Itulah kenapa terasa sejuk, meskipun di siang hari begini.


Sayangnya saya hanya mampir sebentar untuk ngopi, belum sempat mengeksplor lebih jauh, atau menginap disana untuk beberapa hari. Semoga suatu saat terlaksana. []


Sleman, 1 Agustus 2018

My Plukme

My Plukme
Klik gambar