loading...

Senin, 30 April 2018

Ibu-ibu Aktif Ngeblog

Internet memberi ruang untuk berkreasi, termasuk bagu Ibu-ibu rumah tangga, yang lebih sering di rumah. Kreasinya pun tidak sekedar kreasi, bahkan ada yang menghasilkan uang. Misalkan dengan jualan online. Atau sekedar berbagai cerita dan aktivitas via blog.


Karena dua dari tujuh pohon pepaya yang saya tanam sekitar rumah ternyata "pepaya jantan", yang tidak bisa berbuah, dan hanya mengeluarkan bunga, dan kata orang bunga tersebut bisa dimakan, maka saya searching di google.


Subyek yang saya cari "sayur bunga pepaya". Ternyata hasilnya banyak. Salah satunya saya klik, masuk ke sebuah blog dengan domain berbayar (.com) yang dikelola Ibu-ibu.


Memang bahasanya tak beraturan. Kepenulisan gaya bebas yang kurang memerhatikan tanda baca dan ejaan yang baik. Mirip bahasa obrolan via sosial media yang non formal.


Namun sepertinya blog itu banyak dikunjungi. Trafiknya pun bagus. Buktinya ketika searching muncul di 10 besar pencarian teratas. Juga, banyak yang berkomentar. Pengelola blog sesekali juga membalas komentar-komentar tersebut.


Jika diamati, sepertinya blog itu sudah menemukan pembacanya tersendiri, yang selalu menanti kapan si Ibu memposting resep masakan terbaru, atau lebih tepatnya pengalaman masaknya yang terbaru. Ya, blog tersebut keseluruhan berisi soal makanan, dari pengalaman si pemiliknya.


Menariknya, si Ibu tersebut lebih memilih blog ketimbang sosial media seperti facebook dan instagram. Sepertinya blog memang punya kelebihan, salah satunya bisa terindeks di mesin pencari seperti google, dan barangkali lebih enak dibaca, dibandingkan sosial media yang harus scroll.


Blog tersebut mungkin bisa dipasang iklan CPC (Cost per Click), agar tidak saja sebagai media berbagi, namun juga menghasilkan uang. Apalagi jika pengunjungnya banyak. Siapa tahu menghasilkan.


Ibu-ibu pun ternyata ada yang hobi ngeblog. []


Blitar, 30 April 2018
Ahmad Fahrizal Aziz


My Plukme

My Plukme
Klik gambar