loading...

Minggu, 11 Juni 2017

Sharing Literasi di SMP/SMA Alam Al Ghifari Blitar






Kali ini tim Goes To School (GTS) FLP Blitar bertandang ke SMP Alam Al Ghifari,  di Jalan Sumba. Seperti namanya, sekolah alam, letaknya berhimpitan langsung dengan persawahan, juga kebun jagung. Ada beberapa kelas terbuka mirip gazebo, namun lengkap dengan papan tulis, meja-meja kecil dan papan absensi siswa.

Sekitar pukul 07.45, saya sudah berada di lokasi bersama Pak Budiyono, setelah sebelumnya salah lokasi, kami kira SMP satu lokasi dengan SD-nya. Ternyata SMP dan SMA berada di kampus II, letaknya tak terlalu jauh. Usia kedua sekolah tersebut memang belum lama, SMP baru berjalan 5 tahunan, sementara SMA baru saja berdiri.

Sembari menunggu kedatangan Irsyad dan Alfa Anisa, kami berbincang di depan kantor utama bersama Bu Eka, pengajar di Al Ghifari yang menjadi penghubung. Bu Eka mengajar di TK yang bersebelahan dengan SMP.

Tak berselang lama kemudian, kami berjalan ke lantai atas, tempat berlangsungnya acara. Ada ruangan terbuka, seperti kelas besar. Siswa/i sudah berada di ruangan tersebut, didampingi beberapa guru.

Bu Eka yang juga anggota FLP Blitar tersebut membuka acara, sekaligus menjadi MC. Ternyata peserta tidak hanya siswa SMP, melainkan juga siswa SMA. Saya bertugas di awal memperkenalkan FLP secara umum, dan juga FLP Blitar. Baru kemudian dilanjutkan motivasi kepenulisan oleh Rosy Nursita dan Alfa Anisa.

Sebagaimana informasi awal, tak kurang dari 100 siswa/i yang mengikuti sharing literasi tersebut. Selanjutnya, seperti biasa, Irsyad menyampaikan materi seputar cerpen, setelah sebelumnya nonton film bareng untuk menyegarkan fikiran. Mereka pun dimintai pendapat terkait film yang ditonton dan materi yang disampaikan.

Selain bagi-bagi ilmu, pada kesempatan itu juga bagi-bagi stiker. Kadang juga bagi-bagi bolpoin lucu, kadang juga pihak sekolah menyediakan hadiah sendiri untuk memacu siswa/i lebih aktif.

Kedatangan FLP Blitar ke sekolah-sekolah ini sebenarnya tidak berhenti sampai disini, kedepannya ingin ada hubungan yang lebih produktif, terutama dalam menggiatkan budaya membaca dan menulis di kalangan pelajar. Atau jika memungkinkan, dan pihak sekolah bersedia, akan dibentuk FLP Ranting khusus sekolah.

Selepas acara tersebut, beberapa siswi menunjukkan ketertarikannya untuk bergabung dengan FLP Blitar. Kami berbincang dengan mereka untuk mempertanyakan ketertarikan awal, apakah di bidang fiksi atau non fiksi. Di dampingi Bu Eka, Insyallah kedepannya akan berdiri Ranting khusus Al Ghifari.

Semoga ikhtiar FLP Blitar untuk mengkampanyekan membaca dan menulis bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Salam Literasi!

Blitar, 15 Ramadan 1438 H
A Fahrizal Aziz






My Plukme

My Plukme
Klik gambar