loading...

Kamis, 29 Juni 2017

Memfungsikan Rumah Cahaya Blitar (1)

Rumah Cahaya merupakan singkatan dari Rumah baca dan hasilkan karya. Bahasa gaulnya adalah Rumcay. Ini merupakan nama untuk markas Forum Lingkar Pena.


Fungsinya, selain sebagai sekretariatan juga sebagai tempat diskusi, rumah baca dan barangkali juga tempat penyemaian bibit-bibit penulis. Meskipun tiap daerah memiliki program yang berbeda.


Bahkan, menurut Bu Helvy Tiana Rosa, ada Rumcay yang pernah digunakan untuk resepsi pernikahan anggota FLP di daerah tertentu.


Rumah Cahaya kemudian di fungsikan sebagai TBM (Taman Baca Masyarakat). Makanya, di belakang nama Rumah Cahaya selalu diawali dengan TBM. Semisal TBM Rumah Cahaya Depok.


Karena menjadi taman baca, otomatis tersedia buku-buku, yang bisa diakses oleh masyarakat.


Kita juga patut bersyukur karena FLP Blitar, atas kebaikan seseorang, juga memiliki Rumcay yang baru saja diresmikan 23 Juni 2017 yang lalu.


Namun belum dibahas lebih lanjut konsep pengelolaannya nanti. Apakah akan dijadikan TBM, atau sekedar menjadi sekretariatan mengingat tempat pertemuan rutin selama ini dilakukan di Perpustakaan Bung Karno.


Tapi tak ada salahnya untuk difungsikan sebagai TBM. Lalu darimana bukunya? Dan bagaimana prosedur peminjamannya? Insyaallah ditulisan berikutnya.


~ A Fahrizal Aziz

My Plukme

My Plukme
Klik gambar