loading...

Senin, 24 April 2017

Sekali Lagi Tentang Esai

Apa itu esai? Bagaimana sebuah tulisan layak disebut esai?

Sebenarnya tidak perlu khawatir apakah itu disebut esai atau bukan. Karena sesuai bentuknya, esai sangatlah cair dan (cenderung) bebas.

Sebut saja, semua tulisan non fiksi itu adalah artikel. Oke, dari itu dulu.

Berita adalah artikel, yang sifatnya menginformasikan. Sehingga harus obyektif. Berdasar fakta. Tidak boleh memasukkan pendapat pribadi.

Ulasan adalah artikel umum yang sifatnya hanya mengulas. Misal, ulasan tentang suatu tempat, barang, dsb. Hampir sama dengan berita, hanya berbeda obyek.

Esai? Adalah ulasan yang bersifat pribadi. Artinya, ada kesan pribadi yang kita munculkan, yang itu hanya kita sendiri yang (mungkin) merasakannya. Kita bisa memberikan informasi, bisa juga mengulas, tapi cenderung memunculkan kesan pribadi kita. Maka, jadilah esai.

Opini? Begitupun dengan opini. Ia disampaikan dalam bentuk esai juga. Bedanya, karena itu opini, maka harus ada unsur ilmiah. Apa itu unsur ilmiah? Artinya berbasis data yang bisa dirujuk sumbernya. Misalkan data itu dari statement tokoh, tokoh tersebut juga harus yang memiliki otoritas atau keahlian dibidangnya.

Artinya apa? Setiap opini pribadi, baik yang ilmiah maupun tidak ilmiah, adalah esai. Simpel kan?

Selamat menulis. ^-^

My Plukme

My Plukme
Klik gambar