loading...

Selasa, 15 Maret 2016

Komunitas Sastra Blitar (Penulis Blitar)







Komunitas Penulis Blitar (KPB) adalah wadah yang mempertemukan orang-orang yang tertarik dalam dunia Kepenulisan di lingkup Blitar Kota dan Kabupaten. Sebagai Komunitas, KPB mempertemukan beberapa pegiat literasi baik yang ada di LPM (Lembaga Pers Mahasiswa), Ekstrakurikuler Jurnalistik Sekolah, hingga FLP (Forum Lingkar Pena) Blitar. Nama itu muncul secara spontan, yang kemudian dibuatlah halaman facebook “Komunitas Penulis Kota Blitar” sekitar pertengahan tahun 2015.

Kegiatan KPB adalah memeriahkan agenda kepenulisan di Blitar raya, seperti mengajak mereka yang tertarik dalam dunia kepenulisan untuk mengikuti agenda bedah karya FLP Blitar yang rutin dilaksanakan setiap ahad siang, silaturahim ke penulis-penulis senior di Blitar raya, serta memeriahkan agenda semisal workshop, seminar, sarasehan, hingga menerbitkan buku bersama.

Selain itu, KPB juga menjadi wadah sharing bagi mereka yang sudah bisa menulis dan tulisannya pernah dimuat di media massa dan dibukukan, dengan mereka yang masih pemula. Selain sharing, juga ada saling meminjam buku. Hal ini dikarenakan, dunia kepenulisan tidak bisa lepas dari aktivitas membaca. Untuk itu, bahan bacaan penting untuk memperkaya kosa kata, dan belajar langsung dari buku yang dibaca.

Beberapa penggerak KPB ini antara lain, A Fahrizal Aziz, yang juga lama aktif di FLP (Forum Lingkar Pena) dan pernah menjadi Ketua FLP Ranting UIN Malang, serta pernah menjadi Wartawan Majalah Suara Akademika. Selain itu, juga Alfa Anisa yang konsen menulis Puisi, beberapa puisinya banyak dimuat di rubrik sastra dan budaya berbagai koran di tanah air, ia juga aktif di Himpunan Mahasiswa Sospol serta LPM Freedom. Juga Adinda R.D Kinasih, Blogger dan Cerpenis, Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Malang yang antologi cerpennya pernah diterbitkan bersama penulis Achi TM berjudul ‘Gadis dalam mimpi Radit”. Serta Irsyadul Ibad, Mahasiswa Desain Visual dan Fotografer yang sekaligus tertarik dengan dunia kepenulisan, dan membuat novel remaja.

KPB juga joint dalam program rutinan FLP Blitar setiap hari Ahad di Perpustakaan Bung Karno lt. II bersama Saifudin Ahmad, Dosen Unisba yang sekaligus sebagai ketua FLP Blitar dan tertarik dalam kepenulisan fiksi seperti Cerpen. Juga Imroatus R dan Dewi Arifin, Ibu rumah tangga yang tertarik menulis. Rizkha Nurul Latifah, yang merupakan Guru Bahasa Indonesia di MTsN Gandusari. Juga beberapa siswa-siswi dari Ekskul Jurnalistik MAN Kota Blitar dan SMK Telkom Kota Blitar.

KPB ingin menjadi media sharing bagi warga Blitar raya yang tertarik dalam dunia kepenulisan, dan ikut serta memeriahkan kegiatan literasi dan sastra di Kota dan Kabupaten Blitar. Sejauh ini, untuk bergabung dengan KPB, bisa melalui halaman facebook “Komunitas Penulis Kota Blitar”.

My Plukme

My Plukme
Klik gambar